Waktu Pasti akan Berlalu, Beramallah

Telah Berpulang Kepada-Nya (dari Kiri Kekanan : Siwo Karto Putri, Budhe Wir, Siwo Parto Putri, Lik Daryati dan Lik Konah)

WAKTU banyak yang terbuang begitu saja dan berlalu. Bahkan tak jarang mengisi waktu dengan rentetan kesia-siaan. Padahal menjaga waktu merupakan sebuah kewajiban. Kehidupan ini amatlah singkat, maka haruslah seorang muslim menjaga waktu dengan hal-hal bermanfaat. 
Bagaimana para Sesepuh kita telah memanfaatkan waktu dengan mengelolanya membimbing, mengasuh tak kenal lelah untuk kesuksesan anak, cucu dan cicit. Semangat yang para sesepuh kita/ Panjer wujudkan melalui berbagai gemblengan kepada kita semua  sebagai anak, cucu dan cicit. Dalam mendidik mereka berdasarkan pada kasih sayang, satu kata yaitu keberhasilan. Meski para Panjer Trah Djaja Wikarta telah berpulang Kehadiratnya semua. Kita sebagai penerusnya wajib untuk mewarisi semangat yang Beliau-Beliau tanamkan kepada kita. Memanfaatkan waktu agar hidup kita tidak sia-sia termakan oleh perputaran roda kehidupan.

Berikut beberapa petuah dari para ulama yang bisa menjadi nasihat dan juga pengingat bagi kita untuk menjaga waktu.

1. Waktu Pasti akan Berlalu, Beramallah 
“Sesungguhnya engkau adalah kumpulan hari. Jika satu hari berlalu, maka sebagian dirimu juga akan hilang. Bahkan hampir-hampir sebagian harimu berlalu, lalu hilanglah seluruh dirimu sedangkan engkau mengetahuinya. Oleh karena itu, beramallah."
Kita tidak pernah tahu berapa banyak lagi sisa waktu kita, entah sampai hari ini, besok atau kapan pun itu. Yang jelas kita harus menjaga waktu tersebut dengan berbagai macam hal baik dan bermanfaat. Jangan biarkan waktu berlalu tapi diri tidak ada perubahan sedikit pun. Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA pernah mengungkapkan (wallahu a’lam). 
“Barang siapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barang siapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.” 

2. Waktu Bagaikan Pedang.
“Aku pernah bersama dengan orang-orang sufi. Aku tidaklah mendapatkan pelajaran darinya selain dua hal. Pertama, dia mengatakan bahwa waktu bagaikan pedang. Jika kamu tidak memotongnya (memanfaatkannya), maka dia akan memotongmu.” Kita perlu sekali lebih menjaga waktu dengan baik, terlebih di masa pandemi hari ini. Karena kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kalau kita tidak isi dengan hal-hal yang baik maka waktu tersebut akan terisi dengan kesia-siaan dan berlalu begitu saja. Kita bisa menjaga waktu di rumah saja dengan melakukan berbagai macam amal soleh seperti solat, tilawah Al-Qur’an, menuntut ilmu dan masih banyak lagi.
ika waktu hanya dihabiskan untuk hal-hal yang membuat lalai, untuk sekedar menghamburkan syahwat (hawa nafsu), berangan-angan yang batil, hanya dihabiskan dengan banyak tidur dan digunakan dalam kebatilan, maka sungguh kematian lebih layak bagi dirinya.” Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena enggan menjaga waktu yang Allah berikan. Dan jangan sampai kita menyesal di alam kubur karena belum sempat bermalah soleh.

3. Janganlah Sia-siakan Waktumu Selain untuk Mengingat Allah 
Dari Abdullah bin Abdil Malik, beliau berkata, “Kami suatu saat berjalan bersama ayah kami di atas tandunya. Lalu dia berkata pada kami, 
‘Bertasbihlah sampai di pohon itu.’ Lalu kami pun bertasbih sampai di pohon yang dia tunjuk. Kemudian nampak lagi pohon lain, lalu dia berkata pada kami, ‘Bertakbirlah sampai di pohon itu.’ Lalu kami pun bertakbir. Inilah yang biasa diajarkan oleh ayah kami.” 
Menjaga waktu memanglah tidak mudah, tapi semua bisa kita usahakan bila selalu ada keinginan di dalam diri. Semoga kita semua selalu menjaga waktu yang sudah Allah berikan. Menjaganya dengan melakukan amal soleh dan menjauhi kemaksiatan.

Mbah Djoemadi dan Mbah Sahri


0 Comments